Sunday, November 27, 2016

FOTOSINTESIS, TEROBOSAN BARU BAHAN BAKAR HIDROGEN

FOTOSINTESIS, TEROBOSAN BARU BAHAN BAKAR HIDROGEN
Di Posting Oleh : Minuta Serija
Kategori : BAHAN BAKAR

Satu lagi sebagai rujukan kita, industri otomotif sedang mencari alternatif terbaik sebagai pengganti materi bakar minyak. Selain menggunakan tenaga listrik, materi bakar hidrogen (fuel cell), juga dianggap sebagai pilihan utama. Tapi, masih banyak kendala dalam pengembangan teknologi fuel cell.


Para peneliti dari Australian National University (ANU) menemukan cara yang sangat rapi dalam menciptakan hidrogen yang paling sederhana. Mereka menerima cara untuk menggandakan sistem fotosintesis daun dalam menciptakan hidrogen.

                                                                   Fotosintesis

Daun menggunakan sinar matahari dan air, yang kebetulan dua faktor tersebut sangat berlimpah di planet ini. Tapi, masih diharapkan protein khusus sebagai komponen ketiga. Ketika protein khusus tersebut terkena cahaya matahari, akan menjadikan detak jantung ajaran listrik yang merupakan kunci untuk fotosintesis. Cara ini ditiru untuk menghasilkan sumber tenaga penggerak.

Protein khusus tersebut merupakan versi modifikasi dari Feritin, protein yang dapat ditemukan dalam semua organisme hidup. Protein berperan untuk menyimpan zat besi, tetapi tim ANU menggantinya dengan "mangan". Zat bekerja menyerupai dengan metode pemisahan air, yang digunakan dalam fotosintesis pada daun.

"Teknologi ini pada dasarnya akan tanpa batas berkelanjutan. Sinar matahari luar biasa melimpah dan air ada di mana-mana. Itu menjadi materi baku dalam membuat materi bakar, dan pada final siklus kembali menggunakan air," kata Profesor Ron Pace, menyerupai dilansirAutoevolution, Senin (25/8/2014).

Bagian terbaik dalam pengembangan ini adalah, proses fotosintesis ini juga bisa menangkap zat CO2 dari atmosfer. Sehingga ada keuntungan ganda dalam menggunakan materi bakar hidrogen.


Semoga…!

No comments:

Post a Comment