Sunday, November 27, 2016

PANEL KONTROL (PANEL INSTRUMEN KENDARAAN)

PANEL KONTROL (PANEL INSTRUMEN KENDARAAN)
Di Posting Oleh : Minuta Serija
Kategori : Kelistrikan

Pada postingan kali ini aku akan membahas secara singkat wacana fungsi-fungsi Alat Instrument/Panel Control yang terdapat pada dashboard kendaraan.


Untuk memudahkan pengemudi melihat kondisi materi bakar, tekanan oli, suhu pendingin, minyak rem, output system pengisian dan beberapa fungsi system kelistrikan lainya, maka kendaraan dilengkai dengan lampu indikator dan perlengkapan ukur  yang dipasangkan pada dashboard .
Kelengkapan kontrol ini setiap kendaraan tidak sama, namun perlengkapan yang paling umum pada setiap kendaraan antara lain :

1.       Speedometer :
Speedometer berfungsi untuk menampilkan laju kecepatan kendaraan  selama kendaraan meluncur dan dilengkapi dengan odometer yang mencatat jarak yang ditempuh kendaraan dari awal diproduksi. Trip meter  yang berfungsi untuk mencatat jarak tempuh sesuai dengan impian pengemudi .  Trip meter dapat di diatur ulang dari nol kilometer.

2.       Fuel Gauge :
Fuel gauge berfungsi untuk menampilkan data jumlah materi bakar yang ada dalam tangki bensin.

3.       Engine Coolant/Temperatur Gauge :
Temperatur gauge berfungsi untuk menampilkan suhu mesin pada ketika kunci kontak dihubungkan. Sebagian kendaraan menggunakan lampu indkator sebagai acuan, lampu akan menyala bila mesin mengalami overhating.

4.       Engine Oil Pressure indicator :
Berfungsi untuk menawarkan petunjuk kepada pengemudi  wacana kondisi tekanan oli. Sebagian kendaraan menggunakan gauge, sehingga pengemudi tahu persis berapa tekanan oli, sebagian kendaraan lain menampilkan dalam bentuk sinyal lampu.

5.       Charging Indicator :
Charging indicator berfungsi untuk menginformasikan kondisi pengisian, lampu akan menyala apabila pengisian tidak normal. Untuk sekarang ini penggunaan lampu indikator telah menggantikan amperemeter dan voltmeter.

6.       Turn Signal Indicator :
Berfungsi untuk menawarkan petunjuk kepada sipengemudi arah belok  yag akan ditentukan. Lampu tanda belok dirangkai secara parallel, lampu indikator juga akan menginformasikan apakah lampu tanda belok berfungsi atau tidak.

7.       High Beam Warnin Light :
Berfungsi untuk memperingatkan pengemudi jikalau lampu jarak jauh dalam keadaan aktif.

8.       Park Brake Indicator :
Berfungsi untuk menawarkan info kepada pengemudi bahwa rem parkir dalam keadaan aktif (mengerem).

9.       Tachometer :
Tachometer berfungsi untuk mencatat/mendata putaran mesin ketika mesin beroprasi. Rata-rata tachometer dilengkapi dengan zona ancaman pada rpm tertentu. Ini menginformasikan, bila rpm tetap pada zona ancaman , mesin akan rusak.

Lihat Juga : Sistem Audio Kendaraan

Demikan penjelasan singkat fungsi instrument indicator/panel kontrol yang terdapat pada dashboard kendaraan, se,oga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment