Sunday, November 27, 2016

TIPS JUMPER STARTER UNTUK MENGHIDUPKAN MESIN

TIPS JUMPER STARTER UNTUK MENGHIDUPKAN MESIN
Di Posting Oleh : Minuta Serija
Kategori : Tips Mobil

JUMPER STARTER UNTUK MENGHIDUPKAN MESIN

Jika suatu ketika kendaraan anda susah untuk dihidupkan dikarenakan motor starter (dinamo starter)  tidak bisa untuk memutarkan mesin yang disebabkan oleh suplay listrik dari baterai (ACCU) ke motor starter kurang. Kejadian tersebut biasanya membuat anda sebagai pemilik kendaraan minta dukungan kepada orang lain untuk mendorong kendaraan anda sehingga dengan didorong menyerupai ini mesin dapat hidup. Tetapi ada yang lebih praktis untuk menghidupkan mesin bila baterai tidak bisa menggerakkan motor starter, yaitu dengan cara menjumper starter dengan batuan baterai lain yang kondisi energy listriknya lebih baik. Melakukan starter dengan dukungan sumber energy listrik dari baetrai lain atau dari luar untuk menstarter mesin tanpa melepas baterai.

Ada tiga cara menjumper starting, yaitu :
1. Menggunakan baterai dari luar
2.     Menggunakan  kendaraan lain
3.     Menggunakan charging booster.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ketika menjumper starter dengan menggunakan baterai dari luar, anatara lain :
1.Tegangan baterai yang digunakan pada ketika menjumper starter harus sama dengan tegangan baterai pada kendaraan.
2. Pemasangan secara parallel, yaitu terminal nyata baterai mendapat terminal positif dan terminal  negatif mendapat terminal negative. Jangan dilkukan secara seri karena teganganya akan berambah. Hal ini akan mengakibatkan   rusaknya motor starter dan system lainya.

Prosedur Jumper starting

Langkah-langkah untuk melaksanakan jumper starting ialah sebagai berikut :
1.     Buka kap mesin yang akan dilakukan jumper starting
2.     Cek terminal baterai dan bersihkan dari karat atau kotoran
3. Hubungkan terminal nyata baterai kendaraan dengan terminal posit baterai pendukung dan terminal negative dengan terminal negative.
4.     Pastikan transmisi pada posisi netral dan rem parkir aktif.
5.     Lakukan starter mesin.
6. Setelah mesin hidup, lepaskan kabel jumper negatif baterai pada terminal baterai kendaraan yang dihidupkan kemudian lepas klem penjepit pada terminal negatif bantuan. Berikutnya lepas kabel jumper untuk terminal positif.
7. Rapikan kabel jumper dan baterai yang digunakan, kemudian tutup kap mesin kendaraan anda.


                  Booster Pac dengan Gel Cell Battery


                           Jumper Baterai dengan Booster

Beberapa produsen peralatan otomotif telah meluncurkan alat dengan Booster Pac. Alat ini sejenis baterai yang didesain khusus secara kompak. Jenis baterai yang digunakan ialah baterai Gel cell atau baterai kering.. Desain booster ini dalam suatu kotak dan dlengkapi dengan kabel penghubung yang cukup besar. Kabel ini digunakan untuk dihubungksn ke bstrsi kendaraan yang akan dihidupkan. Kemampuan baterai 250 – 1.000 CCA.

Pada beberapa model battry charger, dilengkapi dengan posisi charging booster. Posisi ini digunakan untuk melaksanakan dukungan starter. Pengunaan dukungan starter dengan alat ini lebih riskan dibandingkan dengan baterai, karena tegangan yang dihasilkan biasanya lebih tinggi yaitu 12 – 24 volt. Tegangan sebesar ini dapat merusak komponen elektronik.

Bantuan Starter dengan kendaraan lain.


                     Jumper starting dengan kendaraan lain

Penggunaan jumper starting dapat juga dilakukan dengan baterai sendiri atau menggunakan kendaraan lain tanpa melepas baterai pada kendaraan yang akan digunakan.
Cara melakukanya ialah sebagai berikut :
1. Dekatkan kendaraan dukungan dengan kendaraan yang akan dilakukan jumper starting
2. Buka kedua kap mesin kendaraan yang akan dilakukan jumper starting
3. Hubungkan terminal nyata baterai kendaraan yang akan dihidupkan dengan terminal nyata kendaraan dukungan dan terminal negative dengan terminal negative
4.  Pastikan transmisi pada posisi netral dan rem parkir aktif terpasang.
5. Lakukan starter mesin.
6.  Apabila mesin sudah hidup, lepas kabel jumping negative baterai pada terminal baterai kendaraan yang dihidupkan kemudian lepas klem pada terminal           negative baterai bantuan. Berikutnya lepas kabel jumping untuk terminal positif.
7. Saat melepas lakukan dengan hati-hati, hindari relasi singkat atau percikan api pada terminal.
8. Rapikan kabel jumper dan baterai yang digunakan, kemudian tutup kap mesin.

Bantuan starter diharapkan bila kendaraan tidak dapat dihidupkan karena motor starter berputar lambat akhir suplay energy listrik pada baterai tidak cukup sehingga tidak bisa untuk menggerakkan motor starter (dinamo starter).

No comments:

Post a Comment