Sunday, November 27, 2016

GANGGUAN-GANGGUAN PADA SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL

GANGGUAN-GANGGUAN PADA SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL
Di Posting Oleh : Minuta Serija
Kategori : Tips Mobil

Begitu pentingnya peranan system pendingin pada kendaraan sehingga perlu dijaga kestabilan suhu kerja mesin, dapat kita bayangkan bagaimana kalau system pendingin ini mengalami kerusakan atau gangguan. Selama mesin hidup, mesin akan terus menghasilkan panas yang lama kelamaan panas semakin tinggi sehingga akan menjadikan kerusakan pada komponen meisn.

Pada uraian materi kali ini saya akan membahas hal-hal yang menjadi gangguan pada system pendingin.

1.   Penyebab Oli Mesin Bercampur Air Radiator Pada Mobil

Pada waktu kita mengecek air radiator ternyata kita mendapati airnya berwarna putih kecoklatan, kalau ini terjadi maka hal ini air bercampur dengan oli mesin, untuk  mengetahui apa penyebab oli mesin bercampur air pada kendaraan beroda empat atau kenapa oli mesin nyampur air sehingga oli mesin kelihatan berwarna keputihan menyerupai warna susu coklat.

Sudah barang tentu dan pada banyak kasus bila oli mesin bercampur dengan air itu ialah merupakan efek mesin overheat atau efek dari temperatur mesin naik tidak wajar tetapi mesin dipaksakan tetap jalan hingga mesin mati tanggapan suhu mesin terlalu panas, sehingga selinder head atau kop mesin menjadi bengkok atau pack kop (gasket cylinder head) mengalami kerusakan.

Di bawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara memperbaiki bila oli mesin bercampur air pada mesin.

Untuk perbaikan oli mesin yang sudah bercampur dengan air tergantung dari adegan mana yang mengalami kerusakan, bila hanya gasket cylinder head yang rusak hanya perlu mengganti gasket cylinder head.

Tetapi bila yang mengalami kerusakan ialah cylinder head menyerupai misalnya bengkok, masih mampu dilakukan dengan cara meratakan permukaan cylinder head itu pun terbatas pada ukuran tertentu.

Karena bila adegan cylinder head yang dipangkas tersebut terlalu banyak menyerupai halnya mesin-mesin dengan timing chain (mesin menggunakan rantai kamrat) biasanya timbul duduk perkara gres diantaranya kamrat suara atau cover timing chain akan lebih tinggi permukaannya dengan adegan atas cylinder head.

Hal lain penyebab oli bercampur air radiator pada kendaraan beroda empat ialah tanggapan temperatur tinggi mesin menyebabkan cylinder head retak sehingga terjadi kebocoran antara terusan air (water jacket) dengan terusan oli dan hal ini perlu mengganti cylinder block baik yang gres maupun cylinder head ex singapore yang mampu dijadikan alternatif.

Untuk cara mencegah biar tidak hingga oli mesin bercampur dengan air radiator ialah selalu perhatikan indikator temperatur mesin ketika kita sedang membawa kendaraan beroda empat yang terdapat dipanel spidometer.

 

2.    Penyebab Air Radiator Mobil Selalu Berkurang

 

Penyebab berkurangnya air radiator ada beberapa hal yang menyebabkan air radiator selalu berkurang dan hal yang perlu diperiksa ketika menemui coolant atau air radiator kendaraan beroda empat selalu kurang atau bila air radiator berkurang.

1. Cek tutup radiator, biasanya tekanan tutup radiator sudah melemah karena kerusakan pada karet pada tutup radiator sehingga air radiator akan lebih cepat habis karena air radiator cepat mengalir ke tabung air cadangan sebelum tekanan buka klep atau dengan kata lain pressure valve terbuka sebelum tekanan pressure valve pada tutup radiator tercapai.

2.  Terdapat tetesan air radiator dari slang-slang radiator atau terusan air pendingin mesin, tetesan air ini biasanya sedikit demi sedikit keluar ketika mesin dihidupkan yang mengambarkan terdapat kebocoran pada air radiator.

3.  Putaran kipas radiator lemah, untuk kipas radiator elektrik biasanya terjadi kerusakan pada motor listrik atau motor cooling fan.
 
 Diantara penyebab putaran kipas radiator lemah ialah :
a.    Carbon brush sudah mau habis atau komutator habis terkikis
b.    Gulungan kawat email pada motor mulai telihat hangus
c.    Magnet pada motor cooling fan lepas atau bergeser.
d.  Jika motor kipas adiator mengunakan relay pemanis (bukan relay bawaan), biasanya skun di kaki relay kurang baik sambungannya atau kabel yang dipakai terlalu kecil dengan indikasi kabel terasa panas.
e.  Jika kipas radiator menggunakan visco fan radiator, kita ambil pola saja seperti ISUZU Panther Pick Up diesel, kemungkinan ialah cairan didalam kopling kipas radiator terbuang keluar atau visco fan rusak menyerupai terlihat gambar dibawah ini, putaran kipas radiator mampu ditahan menggunakan kayu atau tangan meskipun mesin dalam kondisi berputar.

4. Terjadi kebocoran pada kompresi mesin, biasanya hal ini mampu dilihat ketika tutup radiator dibuka sambil mesin hidup terdapat gelembung yang tidak mau berhenti dan ketika mesin digas air radiator terlihat menyembur keras keluar.

Kebocoran pada pack kop mesin ini tidak terlihat secara fisik, itulah sebabnya terkadang akan membuat penasaran, kenapa air radiator cepat habis padahal tidak ada bocor tetapi mampu dilihat dari gejala mesin terkadang mrebet, atau busi terlihat berair dan oli mesin terlihat bercampur dengan air.

Coolant atau air radiator tidak bersirkulasi, hal ini kemungkinan tanggapan thermostat tidak membuka ketika temperatur kerja mesin sudah tercapai, sehingga suhu mesin sudah melewati titik didih air diatas 100 derajat celsius tetapi air radiator belum bersirkulasi, menyerupai pola pada BMW 318i tahun 2003, hal ini mampu dilihat dari perbedaan suhu yang jauh yang terdapat pada radiator.

Gambar dibawah ini ialah gambar thermostat yang macet karena bengkok sehingga membuat air radiator tidak bersirkulasi.

Thermostat bengkok diatas menjadi penyebab air radiator kendaraan beroda empat bmw 318i selalu berkurang banyak setiap hari dan air radiator keluar karena air pendingin mesin tidak bersikulasi melewati radiator karena thermostat tidak mampu membuka.

Hal lain yang berafiliasi air radiator tidak bersirkulasi ialah karena radiator tersumbat kerak-kerak, biasanya hal ini karena umur kendaraan.

Untuk duduk perkara air radiator yang selalu berkurang, kendaraan atau kendaraan beroda empat harus segera dibawa ke bengkel kepercayaan untuk pemeriksaan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan menyerupai mesin macet karena overheat dan lain sebagainya.

3.    Penyebab Temperatur Mobil Naik


Sebab mesin kendaraan beroda empat panas, mengetahui beberapa penyebab temperatur kendaraan beroda empat naik atau temperatur panas mesin kendaraan beroda empat naik diatas temperatur kerja mesin.
Pembakaran campuran materi bakar dan udara di dalam mesin menghasilkan panas, itulah sebab kenapa mesin kendaraan beroda empat panas, panas mesin biar tidak berlebihan diharapkan suatu sistem pendingin untuk mengatur temperatur kerja mesin,


Agar tidak terjadi kerusakan fatal pada mesin tanggapan panas berlebihan,pada instrumen dashboard atau pada intrumen spidometer dipasang indikator temperatur mesin, untuk mengingatkan kita biar berhentikan mesin bila indikator temperatur sudah panas atau berkedip.

Beberapa Penyebab Temperatur Mesin Mobil Naik.

Berikut ialah beberapa hal yang mampu menjadi penyebab temperatur kendaraan beroda empat naik :
1. Kipas Radiator tidak berputar ketika temperatur kerja sudah tercapai, termasuk putaran   kipas yang kurang kencang atau pun ekstra fan mati yang menyebabkan temperature kendaraan beroda empat naik ketika AC dinyalakan.
2. Terjadi duduk perkara kerusakan pada tutup radiator.
3. Air radiator tidak bersirkulasi, baik disebabkan oleh water pump tidak berputar karena v-belt putus, radiator tersumbat ataupun thermostat mesin macet.
4.Terjadi kebocoran pada sistem pendingin mesin mobil, termasuk kebocoran pada radiator, slang radiator, slang bypass, slang buntu, kebocoran pada pompa air mesin atau bocor pada packing cylinder head mesin.
5.Oli mesin kurang dan berada dibawah garis lower pada indikator stik oli atau sirkulasi oli mesin tersumbat.

4.    Dampak atau tanggapan temperature panas kendaraan beroda empat naik.

Diatas sudah jelaskan beberapa penyebab temperatur panas kendaraan beroda empat naik, sekarang perlu kita tahu apa dampak atau tanggapan bila temperatur panas kendaraan beroda empat naik.

Temperatur panas kendaraan beroda empat naik diatas temperatur kerja normal mesin mampu menyebabkan hal-hal berikut ini terjadi, diantaranya.

1.    Kerusakan pada mesin, mampu jadi kop silinder bengkok, piston macet, bantalan-bantalan mesin cacat, silinder mesin cacat, hal ini akan terjadi bila mesin yang sedang overheat dipaksa untuk jalan tanpa memperhatikan indikator temperatur naik lebih dari 1/2 atau 3/4 untuk indikator temperatur analog yang tidak dilengkapi derajat panas.

2.    Untuk kendaraan yang sudah berumur biasanya akan besar lengan berkuasa terhadap ac mobil, ac kendaraan beroda empat akan kehabisan freon tanggapan panas dan tekanan yang terlalu tinggi dalam sistem ac, bila ketika terjadi temperatur panas mesin naik sedangkan ac kendaraan beroda empat juga dinyalakan.


Demikianlah uraian perihal gangguan-ganguan pada sistem pendingin, semoga bermanfaat.

1 comment: