Sunday, November 27, 2016

TIPS JIKA ANDA INGIN MEMBELI SEPEDA MOTOR BEKAS

TIPS JIKA ANDA INGIN MEMBELI SEPEDA MOTOR BEKAS
Di Posting Oleh : Minuta Serija
Kategori : Tips Motor

Banyak sepeda motor bekas dipasaran yang dijual dengan banyak sekali merk dan harga, tentunya salah satu yang sangat mempengauruhi terhadap sepeda motor dilihat dari tahun pembuatannya. harga sepeda motor bergantung kepada tahun pembuatan, semakin bau tanah umur sepeda motor semakin murah harganya, namun disamping itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau anda ingin membeli sepeda motor bekas. Sebagai materi pertimbangan bagi Anda kalau ingin membeli motor bekas diantaranya :

1.   Cek harga pasaran. Sebelum anda mendatangi dealer motor bekas, cek terlebih dahulu harga sepeda motor melalui koran, media sosial, internet.

2.     Cek nomor rangka dan mesin motor. Periksalah apakah nomor rangka dan mesin motor sesuai dengan STNK dan BPKB. Pastikan nomornya tidak hasil ketokan yang bernafsu dan sangat berbeda dengan buatan pabrik, Karena kemeriksaan ini sangat penting sekali dilakukan.

3.   Cek kondisi fisik. Pastikan kondisi fisik, spion, baut, dan lain-lain tidak banyak ukiran ataupun pecah.

4. Cek speedometer untuk memastikan sudah berapa banyak jarak tempuh. Biasanya kalau kendaraan  sudah mencapai jarak tempuh lebih dari 20 ribu km banyak komponen yang harus diganti.

5.  Tidak salahnya bila melaksanakan pengecekan kondisi oli motor. Perlu diamati secara seksama. Lihat ukuran oli di stik (tutup oli) mesin tidak melebihi ketentuan. Karena dengan oli yang berlebihan menimbulkan bunyi mesin menjadi lebih halus sehingga tidak terdengar bunyi aslinya.

6.    Hidupkan mesin motor. Coba hidupkan mesin. Karena dari bunyi mesin kita mampu memastikan keadaan motor tersebut apakah masih stationer atau langsam. Kalau masih langsam masih kondisi motor masih sangat baik.

7. Jangan lupa cek rangka atau sasis motor. Caranya mudah dengan  kita mengendarai motor tersebut dengan kecepatan 50 km/jam dan di rem mendadak, apakah motor tersebut mampu dikendalikan atau tidak.

8.  Cek kondisi kelistrikan. Hidupkan semua lampu-lampunya pastikan semuanya masih menyala.

9.   Mintalah untuk melaksanakan pengetesan di jalan raya. Apakah motor ini masih stabil atau Anda mencicipi sesuatu yang tidak enak pada motor tersebut

Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment