Monday, November 28, 2016

TIPS PERAWATAN MOBIL AGAR LEBIH AWET

TIPS PERAWATAN MOBIL AGAR LEBIH AWET
Di Posting Oleh : Minuta Serija
Kategori : Tips Mobil

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang digunakan oleh insan  untuk memudahkan bepergian kemana saja, bahkan kendaraan beroda empat dapat digunakan untuk mengangkut barang sehingga meringankan pekerjaan.
Namanya juga barang buatan manusia, kendaraan beroda empat suatu dikala akan mengalami kerusakan,  untuk mencegah biar kendaraan beroda empat tidak cepat rusak, tentunya  perlu dirawat dan dijaga kebugaran mesin kendaraan beroda empat tersebut.
Pada dasarnya kerusakan kendaraan beroda empat merupakan jawaban dari kurangnya perawatan yang dilakukan oleh sipemilik mobil, sehingga sering terjadi kecelakaan yang sering terjadi jawaban kelalaian insan dalam menjaga dan merawat mobilnya, menyerupai rem blong, kopling cepat aus, suspensi tidak nyaman, ban yang sudah tidak layak (aus/botak), mesin kendaraan beroda empat yang kurang bertenaga dan boros materi bakar, dan lain sebagainya.
Berikut ini saya jelaskan perawatan kendaraan beroda empat (tips merawat mobil) biar kendaraan beroda empat tetap prima dan komponen kendaraan beroda empat awet/tahan lama :
     A.   MESIN
1.   Ganti oli
Usahakan mengganti oli kendaraan beroda empat anda secara rutin, misalnya setiap 3000-5000 km. Ini mencegah kerusakan pada mesin terutama komponen bab dalam, menyerupai piston dan ringnya, bantalan/metal, poros engkol, mekanisme katup, dan lain sebagainya, gar tetap abadi dan enak dikala digunakan.
2.   Air Radiator
Periksa air radiator secara berkala, misalnya seminggu sekali, kalau memang kurang tambahkan air radiator, akan lebih baik gunakan air radiator coolent yang banyak dijual di took-toko onderdil.
3.   Tali kipas (panbelt)
Periksa tali kipas keteganganya, bila perlu distel lakukan penyetelan. Periksa juga tali kipas dari keretakan, kalau perlu diganti, lakukan penggantian.
Tetapi untuk kendaraan beroda empat yang menggunakan kipas elektrik tidak perlu melaksanakan hal menyerupai diatas,
4.   Baterai
Jika kendaraan beroda empat menggunakan baterai basah, alangkah baiknya periksa air baterai secara rutin, misalnya dua ahad sekali, kalau kurang tambahkan air baterai dengan menggunakan air suplemen yang banyak dijual di toko-toko onderdil yang berkemasan tutup warna biru. Hal ini dilakukan biar baterai tidak cepat rusak.
Tetapi kalau kendaraan beroda empat anda menggunakan baterai kering/MF hal di atas tidak perlu dilakukan.
Jangan lupa periksa terminal baterai dan bersihkan dari kotoran-kotoran, alasannya yaitu kalau sudah banyak kotoran akan menyumbat fatwa arus listrik.
5.   Busi
Periksa busi, lepas busi dari mesin kemudian lakukan pemeriksaan, kalau busi kotor segera bersihkan dan stel jarak kerengganya. Apabila sekiranya harus diganti lakukan penggantian, gunakan busi sesuai yang disarankan. Walaupun busi ini kecil tapi pengaruhnya sangat besar sekali terhadap kerja mesin.
6.   Saringan Udara
Bersihkan saringan udara, alangkah baiknya semprot dengan angin bertekanan (kompressor udara). Jika perlu diganti gantilah dengan yang baru.
     B.   REM
1.   Periksa kondisi minyak rem
Jika kurang tambahkan minyak rem sesuai standar. Hati-hati pada dikala menambahkan minyak rem, jangan hingga kena bodi mobil, alasannya yaitu minyak rem dapat merusak cat.
2.   Periksa Tinggi Pedal dan Jarak Bebas Pedal (free play).
Tinggi pedal dari lantai ± 170 mm, dan free paly ± 10 – 30 mm
3.   Kanvas Rem
Biasanya kanvas rem mampu dirasakan apabila waktu dilakukan pengereman terasa kurang pakem, hal ini mampu terjadi kanvas rem sudah aus.
Untuk melakakan pemeriksaan rem, lepas terlebih dahulu roda/ban, kemudian tromol (untuk rem tromol), lakukan pemeriksaan pada kanvas rem, kalau memang sudah aus, maka gantilah kanvas remnya.
Untuk rem cakram lepas terlebih dahulu calipenya, kemudian periksa kanvas remnya, kalau perlu diganti, maka gantilah kanvas remnya.
Setelah terpasang kanvas rem maka pasang kembali tromol/rodanya.
     C.   BAN
1.   Tekanan angin, tidak boleh kempes atau terlalu keras.
Standar : Ban depan 32 Psi, belakang 36 Psi. Hal ini juga tergantung pada jenis kendaraannya.
2.   Periksa kembang ombak (tread) ban, kalau sekiranya sudah aus parah segera ganti baru.
3.   Crossing ban
Lakukan penyilangan ban dalam waktu tertentu, hal ini biar keausan ban merata, sehingga pemakaian ban lebih awet.
     D.   LAMPU MOBIL
     Perawatan lampu kendaraan beroda empat dengan memastikan lampu depan dan belakang    masih bekerja. Karena hal ini perlu diperhatikan demi kenyamanan anda berkendara. Ganti lampu kalau ada yang rusak.
     E.   WIFER DAN WASHER
     Komponen ini sangat penting juga perlu pemeriksaan dan dijaga biar beling   kendaraan beroda empat tetap bersih dan bening sehingga tidak menghalangi pandangan.
Perawatan kendaraan beroda empat sudah merupakan suatu keharusan menerima perhatian khusus untuk menjaga umur kendaraan beroda empat biar tetap abadi dan tahan lama. “Lebih baik mencegah daripada mengganti gres yang jelas-jelas harga dari kendaraan beroda empat lebih mahal tentunya. Dengan perawatan kendaraan beroda empat secara rutin akan menjaga performa kendaraan beroda empat dalam keadaan baik dan menghindarkan serta mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya yang memiliki kendaraan baik kendaraan beroda empat maupun sepeda motor.

No comments:

Post a Comment