Monday, November 28, 2016

SOAL OTOMOTIF (TKR) PAKET H

SOAL OTOMOTIF (TKR) PAKET H
Di Posting Oleh : Minuta Serija
Kategori : Bank Soal

 1.       Alat yang berfungsi untuk mengukur berat jenis elektrolit baterai yakni ….
A.      Radiator cup tester
B.      Hydrometer
C.      Micrometer
D.      Jangka sorong
E.       Dial test indicator

      2.       Pada tutup radiator terdapat isyarat 0,9. Arti dari isyarat tersebut yakni …..
A.      Tekanan kerja katup tekan tutup radiator sebesar 0,9 bar
B.      Tekanan kerja tutup radiator di bawah 0,9 bar
C.      Tekanan yang bekerja pada tutup radiator di atas 0,9 PSI
D.      Katup isap akan terbuka pada tekanan 0,9 bar
E.       Tekanan kerja sistem pendingin sebesar 0,9 bar

      3.       Pada waktu melaksanakan pemeriksaan kebocoran sistem pendingin menggunakan radiator tester , ternyata jarum penunjuk setelah menyampaikan angka standar kemudian turun tekananya secara perlahan. Hal ini berarti salah satu penyebabnya yakni …..
A.      Vacuum valve tutup radiator bocor
B.      Sirip-sirip pendingin tersumbat
C.      Pressure valve tutup radiator bocor
D.      Katup thermostat tidak mau menutup
E.       Ada kebocoran dalam sistem pendingin

       4.       Berikut ini yakni penyebab gangguan pada sistem materi bakar diesel, kecuali …..
A.      Water sedimenter jenuh
B.      Efektif stroke terlalu besar
C.      Terdapat udara dalam susukan materi bakar
D.      Injektor tidak normal
E.       Terjadi tetesan pada ujung nozzle

       5.       Perhatikan gambar di bawah ini !

 
                                  Gambar : 1

     Dalam pemeriksaan injector dengan test injector maka hasil pengabutan terlihat pada      gambar di atas. Hasil pemeriksaan bentuk pengabutan injector menyerupai gambar 1 A,       salah satu penyebabnya yakni ……
A.      Tekanan pembukaan nozzle needle terlalu rendah
B.      Tekanan pembukaan nozzle needle terlalu tinggi
C.      Tekanan pompa injeksi tidak sesuai standar
D.      Oil passage ada kotoran atau tersumbat
E.       Delivery valve sudah mulai bocor

        6.       Pada waktu melaksanakan tune up mesin bensin yang menggunakan karburator dan    pengapian konvensional , pekerjaan yang dilakukan pada waktu mesin hidup yakni ….
A.      Pemeriksaan celah platina, sirkulasi air pendingin, putaran stasioner
B.      Pemeriksaan ignition timing, tekanan kompresi, vacuum advancer
C.      Pemeriksaan sirkulasi air pendingin, Dwell angle, ignition timing
D.      Pemeriksaan tutup radiator, tegangan accu, pnyetelan katup
E.       Pemeriksaan katup, ignition timing, tekanan kompresi

        7.       Prosedur pekerjaan tune-up motor bensin konvensional di bawah ini benar, kecuali ….
A.      Mmebersihkan busi
B.      Membersihkan filter
C.      Menyetel katup
D.      Membersihkan karburator
E.       Mengukur emisi gas buang

       8.       Berikut ini yang bukan merupakan isyarat spesifiksi minyak pelumas yang digunakan    pada motor bensin yakni …..
A.      SAE 40 API CC
B.      SAE 40 API SD
C.      SAE 40 API SF
D.      SAE 40 API SE
E.       SAE 20 API SE

       9.       Jenis kopling yang digunakan pada kendaraan ringan dengan transmisi manual yakni …..
A.      Kopling gesek single plat
B.      Kopling gesek multi plat
C.      Kopling berair multi plat
D.      Kopling magnet
E.       Kopling sentrifugal

      10.   Gambar di bawah ini yakni jenis pemeriksaan komponen kopling pada ketika ….

              
                                     Gambar : 2
                
A.      Pengukuran run out kampas kopling
B.      Pengukuran run out clutch housing
C.      Pemeriksaan kerataan tinggi pegas
D.      Pemeriksaan center clutch
E.       Pemeriksaan run out release fork

      11.   Dari gambar di bawah ini yakni pengukuran/pemeriksaan …..

        
                                            Gambar : 3  

A.      Jarak pedal kopling
B.      Jarak kebebasan pedal kopling
C.      Jarak tinggi pedal ke lantai
D.      Jarak cadangan pedal kopling
E.       Jarak tekan pedal ke lantai

      12.   Pada Waktu menyetel katup mesin 4 tak, 4 silinder, FO : 1 3 4 2 apabila piston silinder  1 berada pada posisi TMA selesai kompresi, maka katup-katup yang dapat distel yakni …..
A.      Silinder 1 : katup masuk, Silinder 2 : katup masuk- buang, Silinder 4 : masuk- buang
B.      Silinder 1 : katup masuk- buang, Silinder 2 : katup buang, Silinder 3 : katup masuk
C.      Silinder 1 : katup masuk-buang, Silinder 2 : katup masuk, Silinder 3 : katup buang
D.      Silinder 2 : katup buang, Silinder 3 : katup masuk, Silinder 4 : katup masuk-buang
E.       Silinder 2 : katup masuk, Silinder 3 : katup buang, Silinder 4 : katup masuk-buang

       13.   Perhatikan gambar di bawah ini!

       

                           Gambar : 4

     Nama komponen-komponen mesin/engine yang ditunjukkan pada no. 2, 4, 6, 7 yakni ……
A.      Cam shaft, valve, crank shaft pully dan timing chain
B.      Crank shaft, valve, cam shaft pully, dan timing chain
C.      Crank shaft, manifold, timing gear dan timing chain
D.      Crank shaft, valve, cam shaft pully dan timing belt
E.       Cam shaft, piston, cam shaft pully dan timing

       14.   Pada waktu pedal kopling diinjak/ditekan dan mesin kondisi hidup ternyata terdengar bunyi mencicit di dalam rumah kopling, hal ini disebabkan oleh ……
A.      Release bearing rusak
B.      Kanpas kopling aus
C.      Pressure plate aus
D.      Pilot bearing rusak
E.       Release fork rusak

       15.  Motor starter tidak mau berhenti berputar padahal kunci kontak sudah diposisikan pada "IG", Hal ini disebabkan oleh ......
        
          A.   Hold in coil selenoid putus
          B.   Pull in coil selenoid putus
          C.   Plat kontak selenoid lengket
          D.   Roda gigi motor starter aus
          E.   Terminal 50 berafiliasi dengan ground

        16.   Pada gambar di bawah ini, jumlah gigi pada roda gigi A, B, C, D masing-masing yakni 4 teeth, 8 teeth,  4 teeth dan 10 teeth. Bila putaran input shaft 2000 rpm, maka putaran output shaft yakni ……..
     
                                        Gambar : 5

A.      125 rpm
B.      128 rpm
C.      200 rpm
D.      400 rpm
E.       1280 rpm

         17.   Nama komponen yang ditunjuk oleh nomor 2, 3, 5 pada gambar di bawah ini yakni ….

           
                                         Gambar : 6

          A.      Shifting key, key spring, hub sleeve
B.      Clutch hub, shifting key, hub sleeve
C.      Sincronizer ring, key spring, hub sleeve
D.      Sincronizer ring, key spring, clutch hub
E.       Shifting key, key spring, clutch hub

         18.   Perhatikan gambar di bawah ini !

        
                                Gambar : 7
    
          Nama komponen transaxle/penggerak depan No. 1, 3, 5, 7 yakni …..
A.      Ring gear differensial, pinion drive, output shaft, fly wheel
B.      Ring gear differensial, rear axle, counter shaft, input shaft
C.      Ring gear differensial, counter shaft, input shaft, fly wheel
D.      Rear shaft, input shaft, ringgear differensial, counter shaft
E.       Counter shaft, input shaft, fly wheel, plat kopling

         19.   Tipe differensial/final drive yang digunakan pada penggagas depan yakni …..
A.      Bevel gear
B.      Helical gear
C.      Hypoid bevel gear
D.      Hypoid
E.       Transfer

        20.   Di bawah ini yakni keuntungan axle shaft model rigid, kecuali…….
A.      Konstruksi lebih kuat
B.      Momen yang dihasilkan lebih besar
C.      Cocok untuk kendaraan skala medium ke atas
D.      Pada ketika kendaraan berjalan di jalan bergelombang lebih stabil
E.       Komponen lebih sederhana

        21.   Di bawah ini yang tidak termasuk jenis rear axle shaft yakni ……
A.      Full floating
B.      Three quarter floating
C.      Semi floating
D.      Half floating
E.       Floating shaft type

        22.   Pemeriksaan untuk propeller shaft yakni …….
A.      Pemeriksaan alur sleave joint
B.      Pemeriksaan keseimbangan propeller shaft
C.      Kebengkokan propeller shaft
D.      Keausan flange/yoke
E.       Kekocakan axle shaft

        23.   Pada ban luar tertulis isyarat ban : 7.75 S – 14 6PR. Arti isyarat angka 14 yakni …….
A.      Lebar ban dalam inchi
B.      Lebar ban dalam mm
C.      Diameter pelek dalam inchi
D.      Diameter pelek dlam mm
E.       Aspek ratio dalam persen

       24.   Bagian susunan ban yang berfungsi untuk menahan berat, goncangan, tumbukkan dan tekanan angin yakni …..
A.      Carcas
B.      Tread
C.      Breaker
D.      Bead
E.       Patrent

       25.   Kode 4.50 yang tertera pada pelek dengan isyarat 4.50 F x 14 SDC menyampaikan …..
A.      Diameter pelek
B.      Jenis kendaraan
C.      Lebar pelek
D.      Tipe rim
E.       Batas beban

       26.   Gambar di bawah ini merupakan komponen dari system rem, yaitu,…..

            
                                      Gambar : 8

A.      Master cylinder
B.      Proportioning valve
C.      Caliver
D.      Disc pad
E.       Wheel Cylinder

       27.   Komponen system rem yang berfungsi untuk memperbesar gaya pengereman yakni …….
A.      Katup proporsional
B.      Silinder roda
C.      Release cylinder
D.      Booster rem
E.       Master cylinder

       28.   Nama komponen nomor 4 pada gambar di bawah ini yakni …..

            
                                          Gambar : 9
A.      Ball joint
B.      Tie rod
C.      Pinion
D.       Rack
E.       Relay rod

       29.   Peneyebab injakan pedal rem yang terlalu dalam yakni …..
A.      Tinggi pedal terlalu besar
B.      Jarak main pedal rem terlalu besar
C.      Jarak bebas pedal rem terlalu besar
D.      Terdapat udara dalam sistem
E.       Seal piston silinder bocor

       30.   Yang bukan termasuk jenis steering gear box yakni …….
A.      Recirculating bolt
B.      Screw and nut
C.      Rack and pinion
D.      Worm and sector roller
E.       Steering coulomb

       31.   Pagas yang terdiri dari beberapa lembaran plat baja yakni jenis pegas …….
A.      Koil
B.      Torsi
C.      Daun
D.      Suspensi udara
E.       Pegas berlubang (hollow spring)

       32.   Bagian dari sistem suspensi  yang berfungsi untuk menopang lower arm agar tidak    bergerak ke depan dank e belakang pada ketika kendaraan berjalan yakni …….
A.      Stabilizer
B.      Strut bar
C.      Knuckle arm
D.      Shock absorber
E.       Ball joint

       33.   Arus mengalir dari baterai > ignition switch > (+) coil > primary coil > (-) coil > platina > massa. Aliran arus pada sistem pengapian di atas dapat terjadi apabila ……
A.      Celah platina keadaan menutup
B.      Celah platina keadaan terbuka
C.      Distributor terbuka
D.      Distributor tertutup
E.       Rotor berputar

       34.   Gambar di bawah ini yakni pemeriksaan armature dengan AVO meter perihal …..

                 
                                                  Gambar : 10

A.      Hubungan terbuka kumparan
B.      Hubungan putus kumparan
C.      Hubungan singkat kumparan
D.      Hubungan kumparan dengan sikat
E.       Tahan kumparan armature

        35.   Pada ketika posisi star, dan motor starter sudah berputar, maka fatwa arus pada solenoid yakni …..
A.      Baterai > ST > pull in coil > hold in coil > massa
B.      Baterai > ST > hold in coil > massa
C.      Baterai > ST > hold in coil > pull in coil > massa
D.      Baterai > hold in coil > ST > pull in coil > massa
E.       Baterai > hold in coil > ST > massa

        36.   Jika terminal N pada alternator terhubung dengan massa, maka balasannya yakni ……
A.      Lampu indikator akan mati
B.      Voltage regulator tidak berfungsi
C.      Arus pengisian tidak ada
D.      Arus pengisian terlalu kecil
E.       Arus pengisian stabil

        37.   Bila hasil pengukuran sudut dwell menyampaikan hasil pengukuran yang melebihi spesifikasi, maka hal ini menyampaikan bahwa …..
A.      Celah platina terlalu kecil
B.      Celah platina terlalu lebar
C.      Pengapian terlalu maju
D.      Pengapian terlalu mundur
E.       Celah busi yang terlalu renggang

       38.   Aliran zat pendingin (freon) pada sistem air conditioner yakni ……
A.      Kompresor > evaporator > katup ekspansi > kondensor > saringan
B.      Kompresor > saringan > katup ekspansi > kondensor > evaporator
C.      Kompresor > Kondensor > saringan > katup Ekspansi > evaporator
D.      Kompresor > katup ekspansi > evaporator > kondensor > saringan
E.       Kompresor > evaporator > saringan > kondensor > katup ekspansi

       39.   Pada waktu mengendarai kendaraan, sopir mencicipi kendaraan beroda empat cenderung lari ke sisi kiri, salah satu penyebabnya yakni ……
A.      Toe in roda depan terlalu besar
B.      Toe in roda belakang terlalu besar
C.      Caser roda kiri lbih besar dari roda kanan
D.      Caster roda kiri lebih kecil dari roda kanan
E.       Camber roda kiri lebih kecil dari roda kanan

       40.   Perhatikan gambar di bawah ini !

            

                                         Gambar : 11

          Komponen sistem suspensi anatara lain, frame, lower arm, lower ball joint, pegas    coil ditunjukkan pada gambar dengan urutan nomer sebagai berikut ……
A.      1-2-8-3
B.      2-1-8-3
C.      1-2-4-7
D.      2-1-5-7
E.       3-5-7-8

       41.   Pada waktu kendaraan akan membelok, lampu tanda belok/turn signal menyala tetapi tidak berkedip, komponen yang harus diperiksa/diperbaiki yakni …….
A.      Saklar lampu tanda belok (sein)
B.      Kabel ground
C.      Rellay
D.      Bola lampu
E.       Flasher

       42.   Sebuah kendaraan pada waktu lampu kepala dihidupkan, lampu kepala sebelah kanan menyala lebih redup dibanding lampu kepala sebelah kiri, salah satu penyebabnya yakni …..
A.      Terlalu banyak beban pemakaian arus dikendaraan
B.      Kabel ground lampu kepala kanan kurang baik
C.      Sekering lampu kepala kiri atau kanan putus
D.      Arus pengisian dari alternator lemah
E.       Rellay lampu kepala kanan putus

       43.   Pada waktu kendaraan berjalan, indicator lamp charging menyala berkedip, kemungkinan komponen sistem pengisian yang rusak yakni ……
A.      Brush alternator sudah aus
B.      Lampu indikator putus
C.      Voltage regulator putus
D.      Voltage rellay putus
E.       Sekering rusak

       44.   Perhatikan gambar di bawah ini !

           
                                             Gambar : 12   

          Nama-nama komponen sistem AC (Air Conditioner) pada gambar No. 2 – 4 – 6 – 8 yakni ……
A.      Evaporator, condensor, dryer, expansion valve
B.      Inlet hose, evaporator, dryer, condensor
C.      Outlet hose, condensor, expansion valve, dryer
D.      Radiator, evaporator, Expansion valve, compressor
E.       Condensor, evaporator, compressor, expansion valve

        45. Pada waktu mesin dihidupkan dan sistem AC  di “ON” kan blower menyemburkan hawa yang kurang dingin, ketika dilihat pada beling dryer tidak terlihat gelembung-gelembung Freon, kemampuan sistem AC yang menurun ini disebabkan oleh ……..


A.      Dryer rusak
B.      Freon kurang
C.      Kondensor rusak
D.      Freon terlalu banyak
E.       Kompresor tidak berputar.







No comments:

Post a Comment