Sunday, November 27, 2016

FUNGSI SELANG BENING BUNTU DI CVT PADA SEKUTIK

FUNGSI SELANG BENING BUNTU DI CVT PADA SEKUTIK
Di Posting Oleh : Minuta Serija
Kategori : Tips Motor

Pada kendaraan sepeda motor jenis skutik ada komponen yang biasanya jarang diperhatikan oleh si pemilik motor tersebut. Yaitu selang yang berwarna bening buntu yang terpasang dibagian bawah boks filter udara dan dibagian CVT yang ada dibagian bawahnya.

Pasti bukan tanpa karena selang bening buntu itu terpasang, karena ada fungsi dari pemasangan part tersebut, ialah sebagai indikator kebersihan.

Jika kita melihat selang buntu yang berwarna bening tersebut ternyata warnanya sudah berubah itu mengambarkan bahwa filter udara sudah kotor dan harus segera dibersihkan.

Begitu juga bila selang bening buntu yang terpasang di episode bawah CVT, apabila sudah terlihat berubah warna itu mengambarkan episode dalam CVT sudah banyak kotoran yang masuk, bila ini terjadi maka akan menimbulkan cepat rusaknya komponen yang terdapat di dalam CVT, menyerupai Belt, kanvas kopling ganda, roller dan lainya, dan bila ini terjadi akan menyebabkan tenaga yang dihasilkan motor tersebut menjadi loyo, tarikanya kurang, dan kalau ini terjadi maka komponen tersebut sudah harus diganti. Makanya jangan dianggap sepele kebersihan di ruang CVT.

1. Selang bening buntu yang adanya di bawah boks filter udara, jarang diperhatikan oleh pemilik kendaraan.


2. Di CVT juga ada selang bening buntu dan posisi peletakanya ada di bawah CVT.


3. Pastikan selang bening buntu tersebut dalam keadaan bersih kalau memang kotor, jangan eksklusif dibersihkan. Sebaiknya cek dulu episode dalam CVT.



4. Selang bening buntu di CVT, merupakan indikator, bukan menyampaikan kerusakan episode CVT, hanya menyampaikan kebersihan dalaman episode tersebut.

 Untuk membersihkan episode dalam CVT caranya mudah sekali. Anda cukup buka baut-baut yang mengikat pada tutup CVT, setelah itu bersihkan kotoran yang menempel  dengan meniupkan udara tekan ke episode komponen-komponen yang terdapat pada CVT tersebut hingga bersih. Jangan lupa bersihkan juga kotoran-kotoran yang menempel pada episode dalam tutup CVT boleh menggunakan cairan pembersih atau bensin dengan menggunakan koas kecil, setelah itu bersihkan dengan kain lap, bila perlu semprot dengan udara tekan. Apabila sudah merasa cukup bersih pasang kembali tutup CVT kencangkan baut-bautnya sesuai standar pengencangan.

Demikian tips yang dapat aku sampaikan perihal adanya selang berwarna bening yang terpasang pada boks saringan udara atau pada CVT, agar bermanfaat buat para pembaca.

No comments:

Post a Comment