Monday, November 28, 2016

BODI KENDARAAN

BODI KENDARAAN
Di Posting Oleh : Minuta Serija
Kategori : Chasis

Pada postingan kali ini aku akan membahas perihal bodi kendaraan secara garis besarnya.

Kendaraan bermotor yaitu merupakan salah satu alat bantu transportasi yang dipergunakan oleh insan untuk berpindah daerah dari daerah satu ke daerah yang lainya. Pada awal kala 19-an kendaraan hanya digunakan sebagai alat transfortasi saja, tak heran jikalau proses pembuatanya belum mengarah ke aspek estetika dan kenyamanan. Yang penting roda mampu berputar, sehingga pengguna mampu mencapai tujuan dengan waktu yang lebih singkat.

    Gambar : Kendaraan jaman dulu

Kemajuan jaman dan berkembangnya teknologi dibidang otomotif, membuat kehidupan dunia otomotif semakin dinamis. Hal ini dapat dilihat sekarang kendaraan bermotor tidak hanya sebagai alat transfortasi , tetapi menjelma sarana berkreasi dan meraih prestasi, bahkan sekarang sebuah kendaraan yang dimiliki seseorang sudah menjadi symbol status yang memilikinya.

           Gambar : Bodi kendaraan modern

Apabila kita lihat dari segi bentuk, kendaraan dahulu hanya berbentuk kotak dengan tujuan mampu untuk mengangkut penumpang ataupun barang. Tetapi sekarang bentuk kendaraan berkembang sangat bervariasi, yaitu bodi kendaraan dengan bodi yang aerodinamis, memiliki banyak asessoris dan kelengkapan bahkan ada kendaraan dengan sengaja didesain yang memiliki khas dari pabrik pembuatnya.


Pada awal perkembangannya bodi kendaraan  dibuat dari materi kayu (Sekitar tahun 1896 – 1010), kemudian berganti menjadi besi baja (logam)  yang memiliki kekuatan baik, akan tetapi memiliki kelemahan bobot yang berat. Kemudian bergeser menggunakan eyser, berkembang lagi menggunakan bodi alumunium, dan tren sekarang bodi kendaraan sudah banyak yang menggunakan fiberglass yang memliki bobot sangat ringan.


KONSTRUKSI BODI KENDARAAN

Bagian kendaraan beroda empat terbagi dalam 2 bab besar, yaitu bodi dan chassis. Bodi yaitu bab dari kendaraan yang dibentuk sedemikian rupa, pada umumnya terbuat dari materi plat logam (steel plate) yang tebalnya  antara 0.6 mm – 0,9 mm sebagai daerah penumpang ataupun barang.

                Gambar : Konstruksi Kendaraan

Chassis yaitu bab dari kendaraan yang berfungsi sebagai penopang bodi dan terdiri dari fame (rangka), engine, (mesin), power train (pemindah tenaga), wheels (roda-roda), steering system (sistem kemudi), suspension system (sistem suspense), brake system (sistem rem) dan kelengkapan lainya.

Berdasar pada konstruksi daerah menempelnya bodi pada rangka, maka terdapat 2 jenis konstruksi bodi kendaraan, yaitu konstruksi composite (terpisah) dan konstruksi monocoq (menyatu).

Rangka sempurna menempelnya semua komponen kendaraan termasuk bodi. Rangka harus kuat, ringan, kokoh dan tahan terhadap getaran, atau goncangan yang diterima dari kondisi jalan. Agar berpengaruh maka konstruksi rangka ada yang kotak, bentuk U atau pipa, yang pada umumnya terdiri dari dua batang yang memanjang dan dihubungkan dengan bab yang melintang. Pada awal perkembangan teknologi bodi dan rangka kendaraan, bodi dan rangka dibuat secara terpisah (composite body) namun akhir-akhir ini bodi dan rangka dibuat menyatu (monocoque body), atau disebut juga integral body khusus pada kendaraan sedan.

KONSTRUKSI TERPISAH (COMPOSITE)

Merupakan jenis konstruksi bodi kendaraan dimana bodi dan rangkanya terpisah. Pertautan/penyambungan antara bodi dan rangka menggunakan baut dan mur. Untuk meningkatkan kenyamanan ketika digunakan, maka diantara bodi dan rangka dipasang karet sebagain alat peredam getaran.

              Gambar : Konstruksi bodi composite

Konstruksi bodi dan rangka yang terpisah ini memperlihatkan akomodasi dalam penggantian bab bodi kendaraan yang mengalami kerusakan, terutama bodi bab bawah atau putusnya rangka. Konstruksi ini biasanya digunakan pada kendaraan sedan tipe lama, kendaraan penumpang dan kendaraan beroda empat angkutan barang, menyerupai truck, bus, pick up dan lain sebagainya.

KONSTRUKSI MENYATU (MONOCOQUE)

Merupakan jenis konstruksi bodi kendaraan dimana bodi dan rangka tersusun menjadi satu kesatuan. Konstruksi ini menggunakan prinsip kulit telur, yaitu merupakan satu kesatuan yang utuh sehingga semua beban terbagi rata pada semua bab kulit. Pertautan antara bodi dan rangka menggunakan las.

      Gambar : Konstruksi bodi integral (Monocoque body)

Karena bodi dan rangka menyatu, maka bentuknya dapat menjadi lebih rendah dibanding dengan tipe composite sehingga titik berat gravitasi lebih rendah menjadikan kendaraan akan lebih stabil. Konstruksi ini digunakan pada kendaraan beroda empat sedan, bahkan beberapa kendaraan MPV ( Multi Purpose Vehicle) mulai menerapkan knostruksi monocoque body.

JENIS-JENIS RANGKA

Berdasarkan bentuknya, rangka rangka kendaraan dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :
      1.       Rangka bentuk H
      2.       Rangka perimeter
      3.       Rangka bentuk X
      4.       Rangka bentuk tulang punggung
      5.       Rangka bentuk lantai (platform frame)

1.       RANGKA BENTUK H
Konstruksinya sangat sederhana, mudah dibuat, banyak digunakan untuk kendaraan bus dan truck.
                      Gambar : Konstruksi rangka bentu H

2.       RANGKA PERIMETER
Rangka perimeter merupakan penyempurnaan bentuk H, bodi menempel pada pinggir rangka sehingga posisi lantai dapat diturunkan. Penurunan lantai kendaraan akan menurunkan titik sentra berat kendaraan dan tinggi kendaraan berkurang sehingga pengemudian menjadi mantap, ruang penumpang menjadi lebih leluasa, banyak digunakan untuk kendaraan beroda empat sedan.

                     Gambar : Konstruksi rangka perimeter

3.       RANGKA BENTUK X
Konstruksi rangka balok terdiri atas dua batang rangka utama berbentuk balok memanjang disatukan dibagian tengah. Tempat pertautan dengan bodi dan pintu dapat dibuat rendah sehingga memudahkan keluar masuk kendaraan, berpengaruh terhadap putaran, digunakan untuk kendaraan beroda empat jenis sedan tipe lama.

                Gambar : Konstruksi rangka bentuk X

4.       RANGKA BENTUK TULANG PUNGGUNG (BACK BONE)
Kosntruksi rangka merupakan rangka model tunggal, bab tengah memikul beban (punggung) dan lengan yang menonjol sebagai pemegang bodi. Konstruksi rangka semacam ini juga memungkinkan titik sentra kendaraan dibuat lebih rendah. Konstruksi rangka model ini sering digunakan untuk kendaraan beroda empat penumpang dan truck.

                 Gambar : Konstruksi rangka bentuk back bone

5.       RANGKA MODEL LANTAI (PLATFORM FRAME)
Bodi dan rangka dilas menjadi satu, sehingga merupakan bentuk yang diintegrasikan, memungkinkan ruang interior dibuat luas. Kelebihan lain penggunaan konstruksi rangka model ini yaitu memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap bengkokan an puntiran.

Demikian artikel yang dapat aku tulis, supaya dapat bermanfaat.



No comments:

Post a Comment