Di Posting Oleh : Minuta Serija
Kategori : Perangkat KBM
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(rpp)
Mata Pelajaran : Chasis Otomotif
Kelas/Semester : XII/6
Pertemuan Ke- : 1 , 2 dan 3
Alokasi Waktu : 24 jam @ 45 menit
Standar Kompetensi : Memperbaiki Sistem Rem
Kode Kompetensi : 020.KK022
Kompetensi Dasar : Memelihara Sistem Rem dan Komponennya
Pertemuan Ke- 1
Indikator :
1. Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja rem.
2. Menguraikan jenis-jenis rem berdasarkan cara kerja dan pengembangan teknologi rem
3. Menunjukan komponen sistem rem.
4. Mengidentifikasi komponen sistem rem yang perlu mendapat pemeliharaan sesuai dengan pemeliharaan secara berkala
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai, akseptor didik mampu:
1. Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja rem.
2. Menguraikan jenis-jenis rem berdasarkan cara kerja dan pengembangan teknologi rem
3. Menunjukan komponen sistem rem pada mobil
4. Mengidentifikasi komponen sistem rem yang perlu mendapat pemeliharaan sesuai dengan pemeliharaan secara berkala
II. Materi Ajar :
1. Fungsi dan prinsip kerja rem
- Fungsi rem pada kendaraan yakni menghentikan, melambatkan dan memarkir kendaraan
- Prinsip kerja rem berdasarkan hukum pascal
2. Jenis-jenis rem dan teknologinya
- Jenis rem digolongkan menjadi 4 bab : lokasi pemasangannya,tipe pengontrolnya, cara pengoperasian dan kerja komponennya.
- Teknologi rem berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.
3. Komponen rem terbagi 2 bab : Sistem penggeraknya dan unit rem roda.
4. Komponen sistem rem yang perlu mendapat pemeliharaan yaitu permukaan minyak rem,pedal rem, pembuangan udara sistem rem dan tes bekerjanya boster rem.
Nilai Budaya, abjad bangsa :
- Jujur
- Mandiri
- Kreatifitas
- Disiplin
- Rasa ingin tahu
- Gemar membaca
Nilai Kewirausahaan
- Tanggung Jawab
- Kerja Keras
III Metode Pembelajaran /Pendekatan /Model berguru :
1. Metode Pembelajaran
a. Ceramah Interaktif
b. Praktik di bengkel
c. Tugas Individu dan kelompok
d. Simulasi
2. Model berguru : Tutor sebaya
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A Pendahuluan
1 Orientasi : Peserta didik diberikan tayangan film/animasi apa yang terjadi apabila kendaraan tidak dilengkapi rem.
2 . Apersepsi : Peserta didik diberikan pengertian bahwa pentingnya kita mengetahui fungsi rem pada suatu kendaraaan.
3. Motivasi :Peserta didik wajib mengetahui komponen rem dan cara kerjanya dan ini sebagai dasar praktik.
4. Pemberi acuan :Menjelaskan materi pokok mengenai cara kerja,jenis dan apa saja yang yang dipelihara semoga komponen rem tetap bekerja dengan waktu yang lama sesuai standar penggunaan rem.
5. Menjelaskan mekanisme pembelajaran yaitu :dengan metode ceramah interaktif , Praktik di bengkel dan model berguru tutor sebaya.
B. Kegiatan Inti :
B. Kegiatan Inti :
1. Proses Eksplorasi
- Peserta didik dijelaskan melalui media power point wacana : fungsi, jenis-jenis, cara kerja, komponen rem dan beberapa komponen rem yang harus yang dipelihara.
- Peserta didik untuk mengakses internet mengenai materi teknologi rem.( peran berdikari )
- Peserta didik dapat mengakses internet kembali untuk memperdalam materi pemeliharaan sistem melalui alamat http://medukasi.net/online/2008/servicerem/komponen%20rem.html
- Peserta didik dijelaskan cara mengangkat kendaraan dengan cara simulasi dan urutan apa saja yang dibongkar pada dikala membuka komponen unit rem roda.
2. Proses elaborasi
- Peserta didik mempraktikan cara mengangkat kendaraan dari banyak sekali tipe sistem pelopor : FF,FR,FWD dan MR
- Peserta didik membongkar unit rem roda dengan dibantu oleh guru apabila ada kesukaran.
- Guru memanggil beberapa akseptor didik sebagai tutor sebaya dan ditunjukkan komponen rem beserta fungsinya. Kemudian Tutor sebaya memanggil teman-temannya untuk dijelaskan kembali.
- Guru juga mendorong Peserta didik yang bakir untuk mengajarkan temannya yang belum bisa.
3. Proses konfirmasi
- Guru menunjukkan umpan balik bagaimana pengalaman pembelajaran materi ini, jikalau sudah merasa terserap dan memahami guru menunjukkan applaus dengan yel-yel atau tepuk tangan dan jikalau belum guru mempersilahkan untuk mengadakan tanya jawab semoga lebih menguat lagi penguasaan materi konsep dan prosedural tersebut.
- Guru menunjukkan kesimpulan pembelajaran
- Guru merencanakan tindak lanjut untuk aktivitas berdikari tidak terstruktur dengan mengakses internet wacana pemeliharaan sistem rem dan melaksanakan jadwal remedial apabila tidak memenuhi standar KKM .
- Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
C. Kegiatan Akhir
C. Kegiatan Akhir
1. Melakukan penilaian
2. Tindak lanjut : mengingatkan kembali wacana penugasan, jadwal remedial dan pengayaan.
V. Sumber belajar
1. Alat
- Dongkrak hidrolik (Buaya) 3 ton dan Dongkrak Botol
- Kunci roda
- Jack Stand
- Kunci Ring
2. Bahan : Mobil Toyota
- Media : power point plus
- Referensi
- Buku Pedoman Reparasi Chassis dan Bodi, PT Toyota Astra Motor, Seri KF40,50 1996
VI. Penilaian :
INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INSTRUMEN |
1. Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja rem. 2. Menguraikan jenis-jenis rem berdasarkan cara kerja dan pengembangan teknologi rem 3. Mengidentifikasi komponen sistem rem yang perlu mendapat pemeliharaan sesuai dengan pemeliharaan secara berkala | Tes Tulis | Essay | Lampiran 1 |
4. Menunjukan komponen sistem rem pada mobil | Tes Praktik | Lembar Jobsheet | Lampiran 2 |
Lampiran Format Penilaian 1
FORMAT PENILAIAN
Bentuk Tes : Tes Tulis ( Bentuk Essay )
Tanggal Penilaian :_______________________
INDIKATOR
1. Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja rem
2. Menguraikan jenis-jenis rem berdasarkan cara kerja dan pengembangan teknologi rem
3. Mengidentifikasi komponen sistem rem yang perlu mendapat pemeliharaan sesuai dengan pemeliharaan secara berkala
I. MATERI TES
1. Tuliskan fungsi rem!
2. Jelaskan prinsip kerja rem!
3. Jelaskan prinsip kerja rem hidrolik !
4. Tuliskan jenis-jenis rem yang digunakan pada kendaraan beroda empat menurut cara kerjanya!
5. Tuliskan perbedaan system rem jenis mekanik dengan system rem hdrolik!
6. Uraikanlah jenis-jenis rem berdasarkan cara kerja dan pengembangan teknologi rem !
7. Tuliskan Komponen-komponen pelopor sistem rem hidrolik!
8. Tuliskan pula komponen-komponen sistem rem hidrolik unit rem pada roda!
9. Gambarkan instalasi sistem rem hidrolik!
10. Tuliskan komponen rem apa saja yang perlu mendapat pemeliharaan secara bersiklus !
II. FORMAT PEDOMAN PENSKORAN
NO SOAL | KUNCI/KRITERIA JAWABAN | SKOR |
1. | Fungsi rem yakni untuk menghentikan , melambatkan dan memarkir kendaraaan. | 2 |
2. | Prinsip kerja rem yakni saling bergesekan antara kanvas rem dengan tromol rem sehingga dapat mengakibatkan panas. | 2 |
3. | Prinsip kerja rem hidrolik berdasarkan Hukum Pascal | 2 |
4. | Jenis-jenis rem pada kendaraan beroda empat : a. Rem Mekanik b. Rem Hidrolik c. Rem Booster/vacuum d. Rem Angin | 2 |
5. | Perbedaan rem mekanik dengan rem Hidrolik : Rem mekanik bekerja berdasarkan tarikan kawat/kabel rem sedangkan rem hidrolik berdasarkan tekanan minyak. | 2 |
6. | A. Jenis-jenis rem berdasarkan cara kerja 1. Internal expansion type 2. Eksternal shrinkage type 3. Disc type B. Pengembangan teknologi rem adanya rem ABS (antilock Brake System). | 2 |
7. | Komponen-komponen pelopor rem hidrolik terdiri dari : a. Pedal rem b. Booster Rem c. Master Silinder d. Reservoir e. Slang/pipa rem f. Wheel cylinder | 2 |
8. | Komponen-komponen rem pada roda : a. Kanvas rem b. Tromol rem c. Pegas pengembali d. Penyetel jarak/celah kanvas e. Brake drum f. Sepatu rem | 2 |
9. | | 2 |
10. | Komponen rem yang mendapat pemeliharaan yakni Jumlah minyak rem, Pedal rem, Boster rem dan pembuangan sistem rem | 2 |
Total skor | 10 |
|
Lampiran Format Penilaian 2
FORMAT PENILAIAN
Bentuk Tes : Tes Praktik
Tanggal Penilaian :_______________________
INDIKATOR :
- Menunjukan komponen sistem rem pada mobil
I. MATERI TES
Pada dikala praktik membongkar unit rem roda akseptor didik dapat menunjukkan komponen rem cakram dan rem tromol.
Seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini !
Gambar. A
Gambar C
II. FORMAT PEDOMAN PENSKORAN
NO SOAL | KUNCI/KRITERIA JAWABAN | SKOR |
Gambar A | Ada 9 komponen yang harus ditunjukkan yaitu : 1. Pedal rem 2. Booster rem 3. Master slinder 4. Disc brake caliper 5. Pad rem piringan 6. Rotor rem piringan 7. Tromol rem 8. Pelapis sepatu rem 9. Sepatu rem | 45 |
Gambar B | Ada 5 komponen yang harus ditunjukkan yaitu : 1. Caliper rem piringan 2. Pad rem piringan 3. Rotor rem piringan 4. Piston 5. Fluida | 25 |
Gambar C | Ada 6 komponen yang harus ditunjukkan yaitu : 1. Backing Plate 2. Slinder roda 3. Pegas pembalik 4. Tromol 5. Kanvas 6. Sepatu rem | 30 |
Total skor | 100 |
Pertemuan Ke- 2
Indikator :
· Melakukan pemeliharaan sistem rem dan komponennya.
· Menggunakan keselamatan kerja dikala melaksanakan pemeliharaan komponen sistem rem.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai, akseptor didik mampu:
· Melakukan pemeliharaan sistem rem dan komponennya diantaranya yaitu pemeriksaan permukaan minyak rem dan pemeriksaan serta penyetelan pedal rem.
· Menggunakan keselamatan kerja dikala melaksanakan pemeliharaan komponen sistem rem.
II. Materi Ajar :
· Pemeriksaan permukaan minyak rem
· Pemeriksaan dan penyetelan pedal rem
Nilai Budaya, krt bngs :
· Jujur
· Mandiri
· Kreatifitas
· Disiplin
· Rasa ingin tahu
· Gemar membaca
Nilai Kewirausahaan
· Tanggung Jawab
· Kerja Keras
III. Metode Pembelajaran /Pendekatan /Model berguru :
1. Metode Pembelajaran
a. Ceramah Interaktif
b. Praktik di bengkel
c. Tugas Individu
2. Model berguru : Tutor sebaya
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A Pendahuluan
1. Orientasi : Peserta didik diberikan tayangan film/youtube wacana pemeriksaan permukaan minyak rem dan pemeriksaan dan penyetelan pedal rem.
2. Apersepsi : Peserta didik diberikan pengertian bahwa pentingnya kita menggunakan keselamatan kerja dikala bekerja.
3. Motivasi :Peserta didik wajib mengetahui SOP praktik dikala dan sesudahnya.
4. Pemberi acuan :Menjelaskan materi pokok mengenai cara pemeriksaan permukaan minyak rem dan pemeriksaan, penyetelan pedal rem.
5. Menjelaskan mekanisme pembelajaran yaitu dengan metode ceramah interaktif , Praktik di bengkel dan model berguru tutor sebaya
B. Kegiatan Inti :
B. Kegiatan Inti :
1. Proses Eksplorasi
- Peserta didik dijelaskan melalui media power point wacana : langkah-langkah persiapan pemeriksaan permukaan minyak rem dan pemeriksaan,penyetelan pedal rem berikut prosedur operasi standarnya.
- Peserta didik merangkum keterangan yang dijelaskan oleh guru sebagai bekal praktik di bengkel.
- Peserta didik dapat membuka peran internet kembali wacana pemeriksaan permukaaan minyak rem yang didapat dari http://medukasi.net/online/2008/servicerem/komponen%20rem.html
- Proses elaborasi
- Peserta didik mempraktikan cara memeriksa permukaan minyak rem dan memeriksa,menyetel pedal sesuai dengan lembar kerja praktik teknik kendaraan ringan dengan dibantu oleh guru selama ada kesukaran.
- Guru juga mendorong Peserta didik yang bakir untuk mengajarkan temannya yang belum bisa.
- Proses konfirmasi
- Guru menunjukkan umpan balik bagaimana pengalaman pembelajaran materi ini, jikalau sudah merasa terserap dan memahami guru menunjukkan applaus dengan yel-yel atau tepuk tangan dan jikalau belum guru mempersilahkan untuk mengadakan tanya jawab semoga lebih menguat lagi penguasaan materi konsep dan prosedural tersebut.
- Guru menunjukkan kesimpulan pembelajaran
- Guru merencanakan tindak lanjut dan melaksanakan jadwal remedial apabila tidak memenuhi standar KKM .
- Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
C. Kegiatan Akhir
C. Kegiatan Akhir
- Melakukan penilaian
- Tindak lanjut : mengingatkan kembali wacana penugasan, jadwal remedial dan pengayaan.
V. Sumber belajar
1. Alat
- Mobil Toyota
- Kunci Ring
2. Bahan : Minyak Rem
3. Media : power point plus
4. Referensi
- Buku Pedoman Reparasi Chassis dan Bodi, PT Toyota Astra Motor, Seri KF40,50 1996
VI. Penilaian :
INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INSTRUMEN |
1. Melakukan pemeliharaan sistem rem dan komponennya diantaranya yaitu pemeriksaan permukaan minyak rem dan pemeriksaan serta penyetelan pedal rem. 2. Menggunakan keselamatan kerja dikala melaksanakan pemeliharaan komponen sistem rem. | Tes Praktik | Lembar Praktik | Lembar Kerja Praktik Teknik Kendaraan Ringan |
Pertemuan Ke- 3
Indikator :
· Melakukan pemeliharaan sistem rem dan komponennya.
· Menggunakan keselamatan kerja dikala melaksanakan pemeliharaan komponen sistem rem.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai, akseptor didik mampu:
· Melakukan pemeliharaan sistem rem dan komponennya diantaranya yaitu tes boster rem dan pembuangan sistem udara sistem rem.
· Menggunakan keselamatan kerja dikala melaksanakan pemeliharaan komponen sistem rem.
II. Materi Ajar :
· Tes bekerjanya boster rem
· Pembuangan sistem udara sistem rem
Nilai Budaya, krt bngs :
· Jujur
· Mandiri
· Kreatifitas
· Disiplin
· Rasa ingin tahu
· Gemar membaca
Nilai Kewirausahaan
· Tanggung Jawab
· Kerja Keras
III. Metode Pembelajaran /Pendekatan /Model berguru :
1. Metode Pembelajaran
a. Ceramah Interaktif
b. Praktik di bengkel
c. Tugas Individu
2. Model berguru : Tutor sebaya
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A Pendahuluan
· Orientasi : Peserta didik diberikan tayangan film/youtube wacana tes bekerjanya booster rem dan tes bleeding.
· Apersepsi : Peserta didik diberikan pengertian bahwa pentingnya kita menggunakan keselamatan kerja dikala bekerja.
· Motivasi :Peserta didik wajib mengetahui SOP praktik dikala dan sesudahnya.
· Pemberi acuan :Menjelaskan materi pokok mengenai cara tes booster rem dan tes bleeding pada sistem rem.
· Menjelaskan mekanisme pembelajaran yaitu dengan metode ceramah interaktif , Praktik di bengkel dan model berguru tutor sebaya
B. Kegiatan Inti :
· Proses Eksplorasi
> Peserta didik dijelaskan melalui media power point wacana : tes bekerjanya booster rem dan pembuangan udara sistem rem berikut prosedur operasi standarnya.
> Peserta didik merangkum keterangan yang dijelaskan oleh guru sebagai bekal praktik di bengkel.
· Proses elaborasi
> Peserta didik mempraktikan tes bekerjanya booster rem dan pembuangan udara sistem rem sesuai dengan lembar kerja praktik teknik kendaraan ringan dengan dibantu oleh guru selama ada kesukaran..
> Guru juga mendorong Peserta didik yang bakir untuk mengajarkan temannya yang belum bisa.
· Proses konfirmasi
> Guru menunjukkan umpan balik bagaimana pengalaman pembelajaran materi ini, jikalau sudah merasa terserap dan memahami guru menunjukkan applaus dengan yel-yel atau tepuk tangan dan jikalau belum guru mempersilahkan untuk mengadakan tanya jawab semoga lebih menguat lagi penguasaan materi konsep dan prosedural tersebut.
> Guru menunjukkan kesimpulan pembelajaran
> Guru merencanakan tindak lanjut dan melaksanakan jadwal remedial apabila tidak memenuhi standar KKM .
> Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
C. Kegiatan Akhir
C. Kegiatan Akhir
· Melakukan penilaian
· Tindak lanjut : mengingatkan kembali wacana penugasan, jadwal remedial dan pengayaan.
V. Sumber belajar
1. Alat
a. Mobil Toyota
b. Kunci Ring
c. Kunci Kontak
d. Selang Plastik
e. Dongkrak
d. Selang Plastik
e. Dongkrak
f. Jack Stand
g. Kunci bleeding
2. Bahan : Minyak Rem , majun
3. Media : power point plus
4. Referensi
a. Buku Pedoman Reparasi Chassis dan Bodi, PT Toyota Astra Motor, Seri KF40,50 1996
VI. Penilaian :
INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INSTRUMEN |
· Melakukan pemeliharaan sistem rem dan komponennya diantaranya yaitu tes booster rem dan pembuangan udara sistem rem. · Menggunakan keselamatan kerja dikala melaksanakan pemeliharaan komponen sistem rem. | Tes Praktik | Lembar Jobsheet | Lembar Kerja Praktik Teknik Kendaraan Ringan |
Jakarta, Juli 2012
Kepala SMK Muhammadiyah 1 Jakarta, Guru Praktik,
Sarju Susanto,S.Pd. MM. Rohidin,S.Pd
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(rpp)
Mata Pelajaran : Chasis Otomotif
Kelas/Semester : XII/6
Pertemuan Ke- : 4 , 5 dan 6
Alokasi Waktu : 24 jam @ 45 menit
Standar Kompetensi : Memperbaiki Sistem rem
Kode Kompetensi : 020.KK 022
Kompetensi Dasar : Memperbaiki sistem rem dan komponennya
Pertemuan Ke- 4
Indikator :
· Mengidentifikasi komponen sistem rem yang perlu mendapat perbaikan
· Memeriksa komponen sistem rem sesuai dengan SOP.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai, akseptor didik mampu:
· Mengidentifikasi komponen sistem rem yang perlu mendapat perbaikan.
· Memeriksa komponen sistem rem sesuai dengan SOP yaitu memeriksa, menyetel rem parkir dan silinder master.
II. Materi Ajar :
· Pemeriksaan dan penyetelan rem parkir
· Pemeriksaan dan penyetelan silinder master
Nilai Budaya, krt bngs :
· Jujur
· Mandiri
· Kreatifitas
· Disiplin
· Rasa ingin tahu
· Gemar membaca
· Menghargai prestasi
Nilai Kewirausahaan
· Tanggung Jawab
· Kerja Keras
· Ulet
· Berani menanggung resiko
· Komunikatif
III. Metode Pembelajaran /Pendekatan /Model berguru :
· Metode Pembelajaran
a. Ceramah Interaktif
b. Praktik di bengkel
c. Tugas Individu
· Model berguru : Tutor sebaya
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A Pendahuluan
· Orientasi : Peserta didik diberikan tayangan film/youtube wacana cara pemeriksaan,penyetelan rem parkir dan silinder master.
· Apersepsi : Peserta didik diberikan pengertian wacana penggunaan alat keselamatan kerja ketika bekerja.
· Motivasi :Peserta didik wajib mengetahui setiap standar operasional prosedur setiap melaksanakan pekerjaan .
· Pemberi acuan :Menjelaskan materi pokok mengenai cara pemeriksaan ,penyetelan rem parkir dan silinder master.
· Menjelaskan mekanisme pembelajaran yaitu :dengan metode ceramah interaktif , Praktik di bengkel dan model berguru tutor sebaya
B. Kegiatan Inti :
· Proses Eksplorasi
> Peserta didik dijelaskan melalui media power point wacana : pemeriksaan,penyetelan rem parkir dan silinder master.
> Peserta didik membuat rangkuman SOP pemeriksaan,penyetelan rem parkir dan silinder master ketika akan praktik di bengkel.
· Proses elaborasi
> Peserta didik mempraktikan pemeriksaan,penyetelan rem parkir dan silinder master dibantu oleh guru apabila ada kesukaran.
> Guru juga mendorong Peserta didik yang bakir untuk mengajarkan temannya yang belum bisa.
· Proses konfirmasi
> Guru menunjukkan umpan balik bagaimana pengalaman pembelajaran materi ini, jikalau sudah merasa terserap dan memahami guru menunjukkan applaus dengan yel-yel atau tepuk tangan dan jikalau belum guru mempersilahkan untuk mengadakan tanya jawab semoga lebih menguat lagi penguasaan materi konsep dan prosedural tersebut.
> Guru menunjukkan kesimpulan pembelajaran
> Guru merencanakan tindak lanjut dan melaksanakan jadwal remedial apabila tidak memenuhi standar KKM .
> Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
C. Kegiatan Akhir
· Melakukan penilaian
· Tindak lanjut : mengingatkan kembali wacana penugasan, jadwal remedial dan pengayaan.
V. Sumber belajar
1. Alat
a. Kunci kontak
b. Kunci ring
c. Mobil Toyota
2. Bahan : Minyak rem
2. Bahan : Minyak rem
3. Media : power point plus
4. Referensi
a. Buku Pedoman Reparasi Chassis dan Bodi, PT Toyota Astra Motor, Seri KF40,50 1996
a. Buku Pedoman Reparasi Chassis dan Bodi, PT Toyota Astra Motor, Seri KF40,50 1996
VI. Penilaian :
INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INSTRUMEN |
1. Mengidentifikasi komponen sistem rem yang perlu mendapat perbaikan 2. Memeriksa komponen sistem rem sesuai dengan SOP yaitu memeriksa, menyetel rem parkir dan silinder master. | Tes Praktik | Lembar Jobsheet | Lembar Kerja Praktik Teknik Kendaraan Ringan |
Pertemuan Ke- 5
Indikator :
Melakukan perbaikan sistem rem dan komponennya
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai, akseptor didik mampu melakukan perbaikan sistem rem dan komponennya dengan memperbaiki serta menyetel sistem tromol pada mobil.
II. Materi Ajar :
· Perbaikan dan penyetelan sistem tromol pada mobil
Nilai Budaya, krt bngs :
· Jujur
· Mandiri
· Kreatifitas
· Disiplin
· Rasa ingin tahu
· Gemar membaca
· Menghargai prestasi
Nilai Kewirausahaan
· Tanggung Jawab
· Kerja Keras
· Ulet
· Berani menanggung resiko
· Komunikatif
III. Metode Pembelajaran /Pendekatan /Model berguru :
· Metode Pembelajaran
a. Ceramah Interaktif
b. Praktik di bengkel
c. Tugas Individu
· Model berguru : Tutor sebaya
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A Pendahuluan
· Orientasi : Peserta didik diberikan tayangan film/youtube wacana perbaikan dan penyetelan sistem tromol pada mobil.
· Apersepsi : Peserta didik diberikan pengertian wacana penggunaan alat keselamatan kerja ketika bekerja.
· Motivasi :Peserta didik wajib mengetahui setiap standar operasional prosedur setiap melaksanakan pekerjaan .
· Pemberi acuan :Menjelaskan materi pokok mengenai cara perbaikan dan penyetelan sistem tromol pada kendaraan beroda empat .
· Menjelaskan mekanisme pembelajaran yaitu :dengan metode ceramah interaktif , Praktik di bengkel dan model berguru tutor sebaya
B. Kegiatan Inti :
· Proses Eksplorasi
> Peserta didik dijelaskan melalui media power point wacana : perbaikan dan penyetelan sistem tromol pada mobil.
> Peserta didik membuat rangkuman SOP perbaikan dan penyetelan sistem tromol sebelum praktik di bengkel.
· Proses elaborasi
> Peserta didik mempraktikan perbaikan dan penyetelan sistem tromol dibantu oleh guru apabila ada kesukaran.
> Guru juga mendorong Peserta didik yang bakir untuk mengajarkan temannya yang belum bisa.
· Proses konfirmasi
> Guru menunjukkan umpan balik bagaimana pengalaman pembelajaran materi ini, jikalau sudah merasa terserap dan memahami guru menunjukkan applaus dengan yel-yel atau tepuk tangan dan jikalau belum guru mempersilahkan untuk mengadakan tanya jawab semoga lebih menguat lagi penguasaan materi konsep dan prosedural tersebut.
> Guru menunjukkan kesimpulan pembelajaran
> Guru merencanakan tindak lanjut dan melaksanakan jadwal remedial apabila tidak memenuhi standar KKM .
> Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
C. Kegiatan Akhir
C. Kegiatan Akhir
1. Melakukan penilaian
2. Tindak lanjut : mengingatkan kembali wacana penugasan, jadwal remedial dan pengayaan.
V. Sumber belajar
1. Alat dan bahan
a. Alat pengangkat
b. Penyangga
c. Kotak alat
d. Kunci roda
e. Palu baja
f. Alat basuh (air)
g. Sikat baja
h. Pistol udara
i. Kunci momen
j. Mobil
k. Kertas gosok
l. Kan oli
m. VET dan majun
2. Media : power point plus
3. Referensi
a. Buku Pedoman Reparasi Chassis dan Bodi, PT Toyota Astra Motor, Seri KF40,50 1996
VI. Penilaian :
INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INSTRUMEN |
melakukan perbaikan sistem rem dan komponennya dengan memperbaiki serta menyetel sistem tromol pada mobil. | Tes Praktik | Lembar Jobsheet | Lembar Kerja Praktik Teknik Kendaraan Ringan |
Pertemuan Ke- 6
Indikator :
Melakukan perbaikan sistem rem dan komponennya
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai, akseptor didik mampu melakukan perbaikan sistem rem dan komponennya dengan memperbaiki serta menyetel sistem cakram pada mobil.
II. Materi Ajar :
· Perbaikan dan penyetelan sistem cakram pada mobil
Nilai Budaya, krt bngs :
· Jujur
· Mandiri
· Kreatifitas
· Disiplin
· Rasa ingin tahu
· Gemar membaca
· Menghargai prestasi
Nilai Kewirausahaan
· Tanggung Jawab
· Kerja Keras
· Ulet
· Berani menanggung resiko
· Komunikatif
III. Metode Pembelajaran /Pendekatan /Model berguru :
· Metode Pembelajaran
a. Ceramah Interaktif
b. Praktik di bengkel
c. Tugas Individu
· Model berguru : Tutor sebaya
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A Pendahuluan
· Orientasi : Peserta didik diberikan tayangan film/youtube wacana perbaikan dan penyetelan sistem cakram pada mobil.
· Apersepsi : Peserta didik diberikan pengertian wacana penggunaan alat keselamatan kerja ketika bekerja.
· Motivasi :Peserta didik wajib mengetahui setiap standar operasional prosedur setiap melaksanakan pekerjaan .
· Pemberi acuan :Menjelaskan materi pokok mengenai cara perbaikan dan penyetelan sistem cakram pada kendaraan beroda empat .
· Menjelaskan mekanisme pembelajaran yaitu :dengan metode ceramah interaktif , Praktik di bengkel dan model berguru tutor sebaya
B. Kegiatan Inti :
· Proses Eksplorasi
> Peserta didik dijelaskan melalui media power point wacana : perbaikan dan penyetelan sistem cakram pada mobil.
> Peserta didik membuat rangkuman SOP perbaikan dan penyetelan sistem cakram sebelum praktik di bengkel.
· Proses elaborasi
> Peserta didik mempraktikan perbaikan dan penyetelan sistem cakram dibantu oleh guru apabila ada kesukaran.
> Guru juga mendorong Peserta didik yang bakir untuk mengajarkan temannya yang belum bisa.
· Proses konfirmasi
> Guru menunjukkan umpan balik bagaimana pengalaman pembelajaran materi ini, jikalau sudah merasa terserap dan memahami guru menunjukkan applaus dengan yel-yel atau tepuk tangan dan jikalau belum guru mempersilahkan untuk mengadakan tanya jawab semoga lebih menguat lagi penguasaan materi konsep dan prosedural tersebut.
> Guru menunjukkan kesimpulan pembelajaran
> Guru merencanakan tindak lanjut dan melaksanakan jadwal remedial apabila tidak memenuhi standar KKM .
> Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
C. Kegiatan Akhir
C. Kegiatan Akhir
1. Melakukan penilaian
2. Tindak lanjut : mengingatkan kembali wacana penugasan, jadwal remedial dan pengayaan.
V. Sumber belajar
1. Alat dan bahan
a. Pengangkat mobil
b. Penyangga
c. Kunci roda
d. Kotak alat
e. Sikat baja
f. Mistar sorong
g. Lampu kerja
h. Kunci momen
i. Mobil dengan rem cakram
j. Cairan rem
k. Kertas gosok
l. VET temperatur tinggi
2. Media : power point plus
3. Referensi
a. Buku Pedoman Reparasi Chassis dan Bodi, PT Toyota Astra Motor, Seri KF40,50 1996
VI. Penilaian :
INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INSTRUMEN |
melakukan perbaikan sistem rem dan komponennya dengan memperbaiki serta menyetel sistem cakram pada mobil. | Tes Praktik | Lembar Jobsheet | Lembar Kerja Praktik Teknik Kendaraan Ringan |
Jakarta, Juli 2013
Kepala SMK Muhammadiyah 1 Jakarta, Guru Mata Pelajaran
Sarju Susanto,S.Pd.MM. Rohidin,S.Pd.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(rpp)
Mata Pelajaran : Memperbaiki sistem rem
Kelas/Semester : XII/6
Pertemuan Ke- : 7 dan 8
Alokasi Waktu : 16 jam @ 45 menit
Standar Kompetensi : Memperbaiki Sistem rem
Kode Kompetensi : 020.KK022
Kompetensi Dasar : Melakukan Overhaul Sistem Rem
Pertemuan Ke- 7
Indikator :
1. Mengidentifikasi alat-alat servis /khusus untuk pelaksanaan overhaul sistem rem
2. Melakukan persiapan overhaul rem tromol dan komponennya sesuai dengan SOP.
3. Melaksanakan overhaul rem tromol sesuai dengan SOP.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai, akseptor didik mampu:
1. Mengidentifikasi alat-alat servis /khusus untuk pelaksanaan overhaul sistem rem
2. Melakukan persiapan overhaul rem tromol dan komponennya sesuai dengan SOP.
3. Melaksanakan overhaul rem tromol sesuai dengan SOP.
1. Mengidentifikasi alat-alat servis /khusus untuk pelaksanaan overhaul sistem rem
2. Melakukan persiapan overhaul rem tromol dan komponennya sesuai dengan SOP.
3. Melaksanakan overhaul rem tromol sesuai dengan SOP.
II. Materi Ajar :
1. Pengenalan alat-alat servis khusus untuk pelaksanaan overhaul sistem rem.
2. Langkah-langkah persiapan overhaul rem tromol
2. Langkah-langkah persiapan overhaul rem tromol
3. Pelaksanaan overhaul rem tromol
Nilai Budaya, krt bngs :
· Jujur
· Mandiri
· Kreatifitas
· Disiplin
· Rasa ingin tahu
· Gemar membaca
· Menghargai prestasi
Nilai Kewirausahaan
· Tanggung Jawab
· Kerja Keras
· Ulet
· Berani menanggung resiko
· Komunikatif
III. Metode Pembelajaran /Pendekatan /Model berguru :
1. Metode Pembelajaran
a. Ceramah Interaktif
b. Praktik di bengkel
c. Tugas Individu
2. Model berguru : Tutor sebaya
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A Pendahuluan
· Orientasi : Peserta didik diberikan tayangan film/youtube wacana cara overhaul rem tromol .
· Apersepsi : Peserta didik diberikan pengertian wacana penggunaan alat-alat servis khusus ketika bekerja.
· Motivasi :Peserta didik wajib mengetahui setiap standar operasional prosedur setiap melaksanakan pekerjaan .
· Pemberi acuan :Menjelaskan materi pokok mengenai cara persiapan sebelum melaksanakan overhaul.
· Menjelaskan mekanisme pembelajaran yaitu :dengan metode ceramah interaktif , Praktik di bengkel dan model berguru tutor sebaya
B. Kegiatan Inti :
· Proses Eksplorasi
Ø Peserta didik dijelaskan melalui media power point wacana : alat-alat servis khusus,persiapan dan pelaksanaan overhaul rem tromol.
Ø Peserta didik membuat rangkuman SOP pelaksanaan overhaul rem tromol sebelum praktik di bengkel.
· Proses elaborasi
> Peserta didik mempraktikkan langkah-langkah persiapan overhaul dari proses penggangkatan kendaraan beroda empat dengan dongkrak dan penopangan kendaraan beroda empat dengan jack stand serta mempersiapkan alat-alat servis khusus overhaul dibantu oleh guru apabila ada kesukaran.
> Peserta didik melaksanakan overhaul rem tromol.
> Guru juga mendorong Peserta didik yang bakir untuk mengajarkan temannya yang belum bisa.
· Proses konfirmasi
> Guru menunjukkan umpan balik bagaimana pengalaman pembelajaran materi ini, jikalau sudah merasa terserap dan memahami guru menunjukkan applaus dengan yel-yel atau tepuk tangan dan jikalau belum guru mempersilahkan untuk mengadakan tanya jawab semoga lebih menguat lagi penguasaan materi prosedural tersebut.
> Guru menunjukkan kesimpulan pembelajaran
> Guru merencanakan tindak lanjut dan melaksanakan jadwal remedial apabila tidak memenuhi standar KKM .
> Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
C. Kegiatan Akhir
C. Kegiatan Akhir
1. Melakukan penilaian
2. Tindak lanjut : mengingatkan kembali wacana penugasan, jadwal remedial dan pengayaan.
V. Sumber belajar
1. Alat dan Bahan
a. Mobil
b. Dongkrak
c. Jack stand
d. Brake Adjusting Tool ( Alat Penyetel Rem )
e. Obeng + Kunci Roda
f. Brake Shoe Return Spring tool (Alat Pegas pembalik Sepatu rem )
g. Shoe hold down Spring Driver ( Obeng pegas Penahan Sepatu rem)
h. Brake tube union nut 10 x 12 wrench (kunci, mur union pipa rem )
i. Wadah penampung minyak rem
j. Gemuk lithium soap base glycol,gemuk temperatur tinggi
2. Media : power point plus
3. Referensi
a. Buku Pedoman Reparasi Chassis dan Bodi, PT Toyota Astra Motor, Seri KF40,50 1996
VI. Penilaian :
INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INSTRUMEN |
· Mengidentifikasi alat-alat servis /khusus untuk pelaksanaan overhaul sistem rem · Melakukan persiapan overhaul rem tromol dan komponennya sesuai dengan SOP. · Melaksanakan overhaul rem tromol sesuai dengan SOP. | Tes Praktik | Lembar Jobsheet | Lembar Kerja Praktik Teknik Kendaraan Ringan |
Pertemuan Ke- 8
Indikator :
· Melakukan persiapan overhaul rem cakram dan komponennya sesuai dengan SOP.
· Melaksanakan overhaul rem tromol sesuai dengan SOP.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai, akseptor didik mampu:
· Melakukan persiapan overhaul rem cakram dan komponennya sesuai dengan SOP.
· Melaksanakan overhaul rem cakram sesuai dengan SOP.
II. Materi Ajar :
· Pengenalan alat-alat servis khusus untuk pelaksanaan overhaul sistem rem.
· Langkah-langkah persiapan overhaul rem cakram
· Pelaksanaan overhaul rem cakram
Nilai Budaya, krt bngs :
· Jujur
· Mandiri
· Kreatifitas
· Disiplin
· Rasa ingin tahu
· Gemar membaca
· Menghargai prestasi
Nilai Kewirausahaan
· Tanggung Jawab
· Kerja Keras
· Ulet
· Berani menanggung resiko
· Komunikatif
III. Metode Pembelajaran /Pendekatan /Model berguru :
· Metode Pembelajaran
a. Ceramah Interaktif
b. Praktik di bengkel
c. Tugas Individu
· Model berguru : Tutor sebaya
V. Langkah-langkah Pembelajaran
A Pendahuluan
· Orientasi : Peserta didik diberikan tayangan film/youtube wacana cara overhaul rem cakram .
· Apersepsi : Peserta didik diberikan pengertian wacana penggunaan alat-alat servis khusus ketika bekerja.
· Motivasi :Peserta didik wajib mengetahui setiap standar operasional prosedur setiap melaksanakan pekerjaan .
· Pemberi acuan :Menjelaskan materi pokok mengenai cara persiapan sebelum melaksanakan overhaul.
· Menjelaskan mekanisme pembelajaran yaitu :dengan metode ceramah interaktif , Praktik di bengkel dan model berguru tutor sebaya
B. Kegiatan Inti :
· Proses Eksplorasi
> Peserta didik dijelaskan melalui media power point wacana : alat-alat servis khusus,persiapan dan pelaksanaan overhaul rem cakram.
> Peserta didik membuat rangkuman SOP pelaksanaan overhaul rem tromol sebelum praktik di bengkel.
· Proses elaborasi
> Peserta didik mempraktikkan langkah-langkah persiapan overhaul dari proses penggangkatan kendaraan beroda empat dengan dongkrak dan penopangan kendaraan beroda empat dengan jack stand serta mempersiapkan alat-alat servis khusus overhaul dibantu oleh guru apabila ada kesukaran.
> Peserta didik melaksanakan overhaul rem cakram.
> Guru juga mendorong Peserta didik yang bakir untuk mengajarkan temannya yang belum bisa.
· Proses konfirmasi
> Guru menunjukkan umpan balik bagaimana pengalaman pembelajaran materi ini, jikalau sudah merasa terserap dan memahami guru menunjukkan applaus dengan yel-yel atau tepuk tangan dan jikalau belum guru mempersilahkan untuk mengadakan tanya jawab semoga lebih menguat lagi penguasaan materi prosedural tersebut.
> Guru menunjukkan kesimpulan pembelajaran
> Guru merencanakan tindak lanjut dan melaksanakan jadwal remedial apabila tidak memenuhi standar KKM .
> Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
C. Kegiatan Akhir
C. Kegiatan Akhir
1. Melakukan penilaian
2. Tindak lanjut : mengingatkan kembali wacana penugasan, jadwal remedial dan pengayaan.
VI. Sumber belajar
1. Alat dan Bahan
a. Mobil
b. Dongkrak
c. Jack Stand
d. Kunci Roda
e. Sikmat
f. Kunci Ring
g. Kunci Pipa Rem
h. Pahat dan Palu
i. Obeng
j. Kompressor + air gun
k. Gemuk Lithium Soap Base Glycol
l. Kunci Socket
m. Kunci momen
2. Media : power point plus
3. Referensi
a. Buku Pedoman Reparasi Chassis dan Bodi, PT Toyota Astra Motor, Seri KF40,50 1996
VII. Penilaian :
INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INSTRUMEN |
1. Melakukan persiapan overhaul rem cakram dan komponennya sesuai dengan SOP. 2. Melaksanakan overhaul rem tromol sesuai dengan SOP. | Tes Praktik | Lembar Jobsheet | Lembar Kerja Praktik Teknik Kendaraan Ringan |
Jakarta, Januari 2015
Kepala SMK Muhammadiyah 1 Jakarta, Guru Praktik,
Sarju Susanto,S.Pd.MM. Rohidin,S.Pd.
No comments:
Post a Comment