Saturday, October 28, 2017

APLIKASI HYGEN (HYDROGEN GENERATOR)

APLIKASI HYGEN (HYDROGEN GENERATOR)
Di Posting Oleh : Minuta Serija
Kategori : PENGETAHUAN



Aplikasi Hygen (Hydrogen Generator)
HCS BERBAHAN BENSIN

Beberapa tahun silam, dunia otomotif ramai dengan pemakaian alat untuk memproduksi hydrogen, yaitu hydrocarbon cracksystem (HCS). Berupa tabung dengan pedoman listrik untuk mengelektrolisasi (H2O) dan menghasilkan hydrogen.

Namun kini HCS bukan lagi menggunakan air ”sebagai materi pakai bensin, lalu pemecahan molekul untuk menghasilkan hydrogen lewat pemanasan”, yang disebut hygen (hydrogen generator).
Hygen terbilang sederhana. Terdiri dari tabung, pipa dan pemanas serta selang (gbr. 1). Tabung diletakkan di ruang mesin yang diisi bensin (gbr.2). Lalu pemanas  yang menmpel di header (gbr. 3), berbahan tembaga ½ inci dan cabang untuk ke intake (gbr. 4).
Sedikit info, hydrogen (H) merupakan unsure kimia yang tak berwarna, tak berbau dan sangat mudah terbakar. “makanya dengan ditambahkan hydrogen, pembakaran lebih bagus, terasa torsi jadi lebih besar.

Nah mengapa pakai bensin..?
Bensin punya rumus kimia CnH2n+2 (premium C8H18, pertamax C10H22), artinya dalam volume yang sama, kandungan hidrogenya lebih banyak dibanding menggunakan air (H2O). “Prosesnya pun lebih mudah dan aman”.

Dalam HCS dengan materi air, butuh proses elektrolisasi pakai arus listrik besar, lalu kalau lupa tak dimatikan, padahal mesin mati, berisiko terjadi ledakan dikala mesin dinyalakan lantaran stok hydrogen menumpuk.

Sedang Hydrogen prosesnya tidak melibatkan listrik. Uap bensin dari tabung akan mengalir alasannya yaitu kevakuman dari intake manifold, lalu dipanaskan diheader. Saat mesin mati, maka tak ada proses pemecahan bensin jadi hydrogen, sehingga relatif lebih aman.

Amankah ada tabung bensin aksesori di ruang mesin? Jika tak ada kebocoran dan posisi tabung jauh dari sumber api menyerupai kabel busi, tentu saja aman. Yang terperinci harus sering cek kabel busi jangan hingga bocor.
Tabung biasa diisi bensin 750 ml dan terpakai untuk menempuh jarak 300 Km. Setelah habis tinggal isi ulang. Sedikit repot alasannya yaitu mesti buka kap mesin.   

 



Demikian info perihal pengetahuan materi bakar hydrogen yang sudah mulai dipakai pada kendaraan mobil. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment